Senin, 01 Juli 2019

Menelaah arti dan makna dari kata Ura dan Mbo (bagian I)

      Arti dari pada dara daeng menurut pejelasan arti DARA DAENG yang saya kutip dari kitab lontara adalah Dara itu bisa diartikan sebagai cewe atau anak perawan orang makassar sedangkan kata Daeng berarti kakak atau pemuda dewasa, pangilan untuk orang yang dituakan.
      Mas dan Mbak Jawa Tengah adalah gelar duta wisata untuk Jawa Tengah. Penyebutan Mas dan Mbak Jateng didasarkan atas budaya atau tradisi orang Jawa tengah. Mas merupakan panggilan kehormatan bagi laki laki baik yang sudah menikah atau belum menikah. Mbak ditujukan untuk wanita baik yang sudah menikah atau belum menikah. (Wikipedia)
      Ura dan Mbo adalah sebuah kata panggilan yang mencerminkan tali kasih, asih dan asuh dari masyarakat samparong. Ura dan Mbo sebutan atau panggilan sayang dari orang yg lebih tua kepada anak-anak atau remaja atau orang-orang yang mempunyai umur dibawah nya. Ura adalah panggilan sayang yg disematkan kepada anak-anak atau remaja laki-laki. Mbo adalah panggilan sayang yang disematkan kepada anak perempuan.
     Jadi pada dasarnya Ura dan Mbo adalah bentuk kasih sayang dari orang yg lebih tua kepada orang yg lebih muda darinya. Oleh karena itu siapa saja bisa menggunakan kata Ura dan Mbo. Kare
na kata Ura dan Mbo adalah bentuk sakral dalam menjaga Ukhuwah Islamiah dan Bhinneka Tunggal Ika.

(Arsip D'URAMBO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Snaptube

 Apk yang memanjakan bagi penggunanya untuk mendownload video, musik dan gambar dari YouTube, Facebook, Instagram, beberapa browser yang did...